Detail

Blog Image

SUKSESKAN PROGRAM PEMERINTAH, RSJRW LAKUKAN VAKSINASI PADA LANSIA

Pandemi COVID-19 belum usai, hingga saat ini Jumat 16 April 2021 data covid19.go.id terdapat total 1,589,359 kasus terkonfirmasi dengan 43.073 kasus yang berakhir dengan kematian. Lansia menjadi kelompok paling berisiko terpapar dan jatuh dalam kondisi buruk bila terinfeksi COVID-19. Teracatat 48,2% atau sebanyak 20.761 dari angka kematian akibat COVID-19 adalah lansia. Angka tersebut menjadi perhatian khusus pemerintah untuk menjadikan lansia sebagai kelompok prioritas penerima vaksin.

RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang sebagai penyedia pelayanan kesehatan milik Kementerian Kesehatan RI turut mensukseskan program pemerintah vaksinasi COVID-19 pada lansia. Sebanyak 42 lansia menjalani vaksinasi COVID-19 di RSJRW pada Jumat 16 April 2021. Koordinator pelaksanaan vaksin dr Yeni DK, M.MRS menyampaikan untuk lansia terdapat asesmen khusus. Kondisi degenartif lansia biasanya disertai dengan gangguan kesehatan penyerta (komorbid) maka harus benar-benar dipastikan kondisi lansia sehat dan aman untuk melakukan vaksinasi. dr Yeni menambahkan Kejadian Ikutan Paska Imunisasi (KIPI) memungkinkan terjadi pada lansia dan bila terjadi KIPI yang cukup parah segera menuju fasilitas kesehtan terdekat untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Lansia menyambut baik dengan antusiasme tinggi pelaksanaan vaksinasi, berharap vaksinasi menjadi salah satu upaya menghentikan pandemi sehingga dapat kembali beraktivitas seperti semula. Melaksanakan vaksinasi tidak semerta-merta permasalahan pandemi selesai, masih dibutuhkan pelaksanaan protokol kesehatan secara disiplin untuk menekan penularan COVID-19. Tetap lakukan protokol kesehatan 5 M Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, serta Membatasi mobilisasi dan interaksi.

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials